Thursday, November 28, 2013

Browse » home» » » Pendulum Chevreul

Pendulum Chevreul

Artikel ini disubmit oleh Paccala, peserta The Festival of Wikumagic


PENDULUM CHEVREUL


Chevreul adalah ahli kimia terkenal dan Direktur Natural History Museum di Paris. Dia mengembangkaneksperimen sederhana yang dijelaskan di bawah ini untuk memperlihatkan bagaimana pikiran bawah sadar bisa dipakai tanpa disadari.

Anda hanya memerlukan seutas benang sepanjang 20 cm , sebuah benda kecil yang dapat digunakan sebagai bandul (cincin,dsb.) , dan juga secarik kertas.

Ikat salah satu ujung benang dengan benda tersebut dan ujung lain dipegang dengan ibu jari dan telunjuk anda. Di selembar kertas, gambarlah garis lurus sepanjang ± 15 cm. Pegang salah satu ujung benang sehingga benda tergantung langsung di atas garis lurus di ketinggian sekitar 3 cm. Konsentrasilah dan tunggu beberapa saat…

Apakah anda melihat perubahan ? apakah anda melihat pendulum mulai berayun ke arah garis itu ? Jika anda belum berhasil, teruslah berusaha. Anda harus sungguh-sungguh berkonsentrasi pada garis itu. Sebagai konsekuensinya, anda akan memasuki kondisi trance hipnotis ringan, menutup stimuli eksternal, dan memfokuskan seluruh perhatian anda pada garis tersebut. Gerakan otot bawah sadar yang dikontrol oleh pikiran bawah sadar menghasilkan gerakan pada pendulum.

Kalau anda sudah berhasil membuat pendulum berayun di bawah control bawah sadar, putarlah lembar kertas itu agar garis berada pada sudut 90˚ dari posisi semula (Jika anda meletakkan garis secara horizontal, putarlah kertas agar garis menjadi vertical ). Pada akhirnya, anda akan melihat perubahan arah pendulum mengikuti garis lagi.

Sekarang gambar garis kedua melintangi garis yang pertama sehingga membentuk salib. Ulangi eksperimen, sekarang anda seharusnya melihat pendulum berayun ke garis yang menjadi pusat konsentrasi anda.

Di kertas lain, gambar sebuah lingkaran dan perhatikan apakah anda bias membuat pendulum mengikuti lingkaran di bawah control bawah sadar.

Ini adalah demonstrasi sederhana, namun kuat dari aksi pikiran bawah sadar. Hal itu jelas menunjukkan betapa pikiran bawah sadar dapat mempengaruhi perilaku kita tanpa kita sadari.

Carilah sukarelawan dan ulangi eksperimen seperti tadi. Biarkan sukarelawan yang memegang pendulum dan bukan anda. Gunakan selembar kertas dengan garis silang dan tanyakan pada sukarelawan anda garis mana yang akan diikuti. Ketika itu terbukti berhasil, katakan pada sukarelawan kalau pendulum akan berayun ke garis lain. Ketika berhasil, katakana pada sukarelawan kalau pendulum berayun dalam lingkaran, beri sugesti kalau ayunan itu akan melambat dan kemudian berhenti.

Di sini kita telah memperlihatkan kekuatan sugesti, kemampuan menanamkan ide dalam pikiran bawah sadar seseorang. Ini adalah kemampuan natural, yang kita semua miliki, ini adalah kokmponen utama dalam melakukan hypnosis.

Jika anda telah berhasil dalam eksperimen ini, saya ucapkan, “Selamat, anda telah berhasil mengendalikan kekuatan pikiran anda !”


Jika anda menyukai trik ini, mohon kunjungi link sponsor di bawah untuk mendukung kelangsungan blog Wikumagic

No comments:

Post a Comment