Monday, December 16, 2013

Browse » home» » » » » 7 Keanehan Alexa Rank

7 Keanehan Alexa Rank

Alexa Rank merupakan salah satu alat ukur kesuksesan seorang blogger. Alexa Rank adalah situs yang menyediakan layanan perangkingan seluruh website yang ada di seluruh dunia. Alexa.com memiliki sistem dan algoritma sendiri untuk mengindex blog atau website di seluruh dunia untuk dirangking dalam website mereka. Alexa Rank juga merupakan alat ukur untuk mengukur kemajuan suatu blog/website disamping Google Page Rank.


Pada pembahasan kali ini kita masih akan membahas seputar trafik, alexa rank, dan sedikit nyerempet ke dunia SEO. Jadi kalau ada bahasa tulisan saya yang agak sulit dipahami mohon mangap ya gan. Jujur mungkin banyak sobat blogger Indonesia yang bertanya: Apakah jumlah trafik yang dimiliki sangat berpengaruh pada Alexa Rank? Benarkah kalau postingan yang murni tanpa copy paste mendapat tempat lebih di Alexa Rank? Ataukah sistem ranking Alexa Rank hanya akal-akalan mereka saja?

Yuk kita simak dan bahas satu per satu. Sebelumnya mungkin ada yang mau baca cara mengklaim blog di Alexa.com untuk melangsingkan ranking website di Alexa.

Pertanyaan yang saya ajukan tadi mungkin mewakili banyak blogger lain yang penasaran dengan sistem perangkingan Alexa. Nah setelah cari sana-sini dan bertapa di Gunung Salak selama 7 hari saya menemukan ada beberapa kejanggalan dalam sistem ranking Alexa Rank.

Ini 7 keanehan Alexa Rank


1. Alexa Rank tidak selalu melambangkan tinggi/rendahnya trafik suatu website

Mungkin banyak blogger yang akan menyangkal pernyataan saya ini. Namun saya sudah perhatikan dan amati perbedaan dua situs saya: dan satunya lagi situs dengan niche selebriti (ga usah disebut namanya). Kedua situs ini beda sekali dalam jumlah konten dan trafik. Blog OlPreneur baru memiliki 72 post termasuk postingan ini. Sedang yang satunya sudah hampir 300 postingan. Uniknya peringkat Alexa jauh lebih kecil dari blog satunya. Padahal secara kasat mata saya blog lainnya itu memiliki trafik di kisaran 20-30K perhari. 

Kemudian saya perhatikan kata kunci yang saya incar untuk blog OlPreneur memang sesuai target saya. Sedang yang satunya asal tembak keyword saja. Yang penting trafik tinggi biar bisa dipasangin iklan. Nah disini kita bisa melihat kalau sebenarnya Alexa Rank tidak selalu akurat dalam mengukur sebuah trafik. Tapi jangan buru-buru memutuskan kalau Alexa itu bloon atau bego, baca dulu poin kedua.

2. Trafik berkualitas beda dengan kuantitas trafik

Traffic blog yang berkualitas memiliki kualifikasi yang berbeda dengan tingginya jumlah traffic bagi Alexa. Maksudnya Alexa akan menganggap trafik blog bernilai tinggi bila kunjungan berasal dari user yang memasang Alexa Toolbar. Tidak semua jenis traffic dikategorikan berkualitas oleh Alexa. 

Selain itu, blog / website dengan konten yang dilarang seperti porno, judi, kekerasan, hacking, dan hal lain yang intinya ilegal meskipun tinggi tidak sama nilainya dengan konten biasa. 

3. Jumlah backlink pengaruhi ranking Alexa

Jumlah backlink ternyata berpengaruh terhadap ranking Alexa suatu website. Hal ini sebenarnya baru saya ketaui juga setelah baca postingan di SeoMoz. Blog atau website yang memiliki banyak inbound link bisa dipastikan memiliki peringkat Alexa yang lebih langsing ketimbang blog yang miskin backlink. Semakin besar jumlah backlink yang mengarah ke blog/situs kita maka akan semakin besar peluang kita meningkatkan ranking Alexa. 

4. Trafik bukan penentu utama Alexa Rank

Trafik blog yang tinggi tidak serta merta meningkatkan Alexa Rank website secara drastis. Mungkin ada yang pernah ngalamin blog trafiknya semakin tinggi, tapi eh ternyata peringkat Alexa-nya malah melorot jauh ke bawah. Masalah ini sendiri sebenarnya sudaj dijelaskan oleh Tim dari Alexa.com. 

Menurut Alexa, hal seperti itu dapat terjadi karena Alexa tidak hanya mengukur jumlah trafik yang terjadi di blog anda, Alexa juga melakukan pengukuran dan melakukan perbandingan terhadap semua trafik yang ada di blog / website lain yang memiliki niche yang serupa dengan anda.

Misalnya blog anda biasa dikunjungi 1000 orang per hari dan ranking Alexa di posisi 5 juta. Terus seiring berjalannya waktu blog anda bertambah pengunjungnya meningkat menjadi 1.500 visitor per hari, tapi anda melihat ranking Alexa anda segitu-gitu aja, malah terkesan menurun. Hal itu dapat terjadi karena di tempat lain, banyak blog yang mendapat peningkatan trafik lebih tinggi dari blog anda. 

5. Tukaran review di Alexa menurunkan ranking Alexa

Saling bertukar review situs di Alexa ternyata malah menurunkan ranking alexa blog kita. Tukaran review di Alexa banyak dan jamak dilaukan blogger yang ingin menurunkan peringkat Alexa mereka secara cepat. Kenapa? Karena Alexa akan memberikan sejumlah pertanyaan mengenai situs yang anda review. Nah kalau yang ngeriview jawab asal-asalan algoritma Alexa bakal mendeteksi adanya sebuah kecurangan. Malangnya, kalau udah ketahuan Alexa ga bakal segan-segan untuk nurunin peringkat Alexa kita. Bagi blogger Indonesia yang pengen coba teknik saling review untuk merampingkan Alexa Rank siap-siap gigit jari aja yah .:)

6. Link eksternal berpengaruh

Memasukkan link eksternal ke situs-situs berkualitas tinggi ternyata mampu menurunkan ranking Alexa blog. Banyak yang menyangkal pendapat ini, namun tidak ada salahnya juga dicoba kan. Coba dalam postingan anda beri tautan atau link ke situs-situs besar yang berkualitas seperti Wikipedia, Detik, dan blog-blog lain yang punya Page Rank tinggi. 

7. Blogwalking:  (masih) cara terbaik langsingkan Alexa

Berdasarkan pengalaman saya sendiri, ternyata blogwalking masih menjadi cara paling ampuh untuk mengecilkan Alexa Rank yang gendut. Selain itu blogwalking juga masih menjadi cara untuk meningkatkan traffic blog. 

Selain dua fungsi itu, blogwalking juga mempunyai banyak manfaat seperti: tambah teman, dapat ilmu baru, hingga memperbanyak rizki. Kok bisa? Lah kan dalam agama Islam disebutkan silaturahmi itu memperbanyak rezeki. Yuk saling blogwalking dengan blogger Indonesia lainnya untuk memperpanjang tali silaturahmi diantara kita. (referensi: berbagai sumber)

Sekian beberapa keanehan Alexa Rank yang saya rasakan selama terjun ke dunia blogging. Nah bila pendapat mempunyai keanehan lain selama berhubungan dengan Alexa Rank, jangan ragu buat tambahin di kotak komentar. Komentar anda sangat saya apresiasi asal tidak kasih live link di dalam kolom komentar. 

No comments:

Post a Comment