Tuesday, December 17, 2013

Browse » home» » » » » Mengapa Ujian Itu Susah

Mengapa Ujian Itu Susah

Mengapa Ujian Itu Susah ? - Bagi sebagian orang, atau bahkan kebanyakan orang, ujian adalah sesuatu yang sangat menakutkan. Alasannya sama. Karena takut jika kita gagal. Mau tahu alasan kenapa ujian itu susah ? Karena dilihat dari logika, yang salah bukanlah siswa atau peserta ujian. Tapi karena waktu untuk belajar sangatlah kurang.


Tahukah Anda, setahun itu hanya terdapat 365 hari ? Yang kita tahu sebagai tahun akademik siswa....Mari kita hitung Hari efektif Siswa Belajar dalam satu tahun!



  1. Hari Minggu; 52 hari dalam setahun, Anda pasti tahu kalau hari minggu adalah untuk istirahat. Hari Belajar tersisa tinggal 313 hari.
  2. Hari Libur (Nasional maupun Internasional); Tak kurang dari 13 hari Libur setahun.Hari Belajar tersisa tinggal 300 hari.
  3. Liburan sekolah; Jelas semua siswa akan berlibur dan tidak akan belajar. Biasanya sekitar 2 bulan lebih, anggaplah sekitar 60 hari. Hari Belajar tersisa tinggal 240 hari.
  4. TIDUR 8 Jam sehari untuk kesehatan; [*contoh >> karena 8 jam = 8/24 = 1/3 hari,,, tidur dalam setahun = 1/3 dikali 360 hari = 120 (untuk selanjutnya ane langsung tampilin hasil kali-kali nya aja)],,, berarti 120 hari terpakai untuk tidur. Hari Belajar tersisa tinggal 120 hari.
  5. Tentu kita beribadah kan? Paling tidak 1-2 jam kita beribadah, kita alokasikan 25 hari dalam setahun. Hari Belajar tersisa tinggal 95 hari.
  6. BERMAIN yang juga baik untuk kesegaran dan kesehatan, paling tidak memerlukan 1 jam sehari. Terpakai lagi 15 hari dalam setahun. Hari Belajar tersisa tinggal 80 hari.
  7. MAKAN! paling tidak selama satu hari kita habiskan 2 jam untuk makan/minum, hilang lagi 30 hari. Hari belajar tersisa tinggal 50 hari.
  8. Jangan lupakan, Manusia adalah makhluk sosial, butuh berinteraksi dengan orang lain, kita ambil 1 jam per hari untuk berbicara. 15 hari terpakai lagi. Hari belajar tersisa tinggal 35 hari.
  9. Kita pun bisa sakit; paling tidak 5 hari dalam setahun, sudah cukup mewakili. Hari belajar tersisa tinggal 30 hari.
  10. Ujian itu sendiri biasanya dilaksanakan selama 2 minggu per semester, berarti, 24 hari sudah teralokasi untuk ujian. Hari belajar tersisa tinggal 6 hari.
  11. Nonton dan jalan-jalan paling tidak 5 hari dalam setahun. Hari belajar tersisa tinggal 1 hari.

Itulah alasan kenapa ujian itu susah. Jika waktunya sudah habis seperti itu,  mana sempat belajar ?

No comments:

Post a Comment