Friday, December 20, 2013

Browse » home» » » » » » Sinematografi Pembelajaranku di bulan Ramadhan

Sinematografi Pembelajaranku di bulan Ramadhan

Pemerintah Kota Tanjungbalai menginstruksikan proses pembelajaran di bulan ramadhan tetap berlangsung seperti biasa dengan jadwal dan materi khusus yang telah di programkan melalui Dinas Pendidikan kota Tanjungbalai. Pengalamanku tahun ini berbeda dengan bulan ramadhan tahun lalu. Tahun lalu ramadhan Diklat PLPG ke Padang. Tahun ini sesuai dengan peraturan pemerintah kota Tanjungbalai maka tetap melakukan aktivitas mengajar seperti biasa.

Pembelajaran selama di bulan ramadhan lebih santai dengan materi seputar keagamaan seperti : thaharah, wudhu shalat, baca al-quran, tentang bulan ramadhan dan penanaman nilai-nilai karakter bagi guru yang nonmuslim ketika jadwal belajar dikelas berlangsung.

Waktu proses pembelajaranpun berlangsung singkat tidak seperti dibulan-bulan biasa. Masuk sekitar jam 08.00 Wib dan pulang 11.30 Wib, satu les hanya sekitar 20 menit. Berkurang sekitar 3 jam pada bulan diluar ramadhan. Dengan kata lain datang agak siang dan pulang lebih cepat.

Materi seputar ramadhan yang saya sampaikan dalam proses pembelajaran adalah mengenai akhlak Ummar bin Khattab, ra. melalui  media sinematografi dengan menampilkan sebuah video. Dengan durasi sekitar 15 menit kami menyaksikan dengan seksama alur cerita bagaimana akhlak shahabat rasul ini dalam kehidupan sehari-hari sebagai pemimpin.  

Pendekatan pembelajaran dengan sinematografi saya anggap cocok dalam suasana ramadhan dengan kondisi siswa dalam keadaan berpuasa. Selain mereka melihat kronologi tokoh langsung secara audio dan visual. Berbeda jika kita hanya dengan metode ceramah mereka akan cendrung mengantuk karena hanya mendengar saja. Agar proses pembelajar berlangsung dengan baik tanpa mengganggu kelas sebelahnya. saya melakukan proses pembelajaran di ruangan bengkel audio video sehingga audio yang dihasilkan lebih kuat terdengar layaknya menonton cinema.
Pembelajaranku di bulan ramadhan

Setelah video berakhir maka saya memberikan kesimpulan mengenai kisah keteladanan yang patut dicontoh dari video ummar bin khattab tersebut. Nilai karakter yang perlu ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat ataupun memimpin ummat nantinya. Kata kunci penutup materi saya adalah apakah kamu sanggup meneladani akhlak ummar bin khattab tersebut jika seandainya kamu menjadi pemimpin suatu saat nanti ?!. Sebagian diam dan tersenyum dan sebagian mengucapkan insyaallah.

Bulan ramadhan adalah bulan penuh berkah jika bulan ini kita tidak mengisi dengan kegiatan-kegiatan positif maka alangkah meruginya kita. Dengan kebijakan otonomi daerah yang dilakukan oleh pemerintah kota Tanjungbalai dengan menginstruksikan kegiatan sekolah tetap berlangsung sebenarnya telah memberikan peluang kepada setiap pegawai negeri sipil khususnya guru untuk mensinergikan antara kegiatan aktifitas sehari-hari dengan melaksanakan amal-amal agama. Daripada hanya tidur-tiduran di rumah dan menonton televise dari pagi sampai menjelang berbuka.

Ramadhan tahun ini, pembelajaran dengan metode sinematografi. Pembelajaran berjalan aktif dan menyenangkan. Ibadah puasa tetap bisa berjalan tanpa menurunkan kinerja saya sebagai pegawai negeri sipil. Bagaimana dengan aktivitas anda ?!.

Sinematografi Pembelajaranku di bulan ramadhan

sinematografi ummar bin khattab

Teladan ummar bin khattab
Kontes Blog oleh TerasPos.com



Dukung artikel ini dengan klik Like atau Tweter di link iniSumber ReferensiSelama Puasa, Jam Kerja PNS Dikurangi

No comments:

Post a Comment