Wednesday, February 26, 2014

Browse » home» » » » Purwokerto Kota Satria

Purwokerto Kota Satria

Purwokerto adalah ibukota Kabupaten Banyumas. Purwokerto ini memiliki motto SATRIA yang merupakan kepanjangan dari Sejahtera, Adil, Tertib, Rapi, Indah, dan Aman. Kata SATRIA ini diangkat dari sifat dan ciri khas yang dimiliki oleh masyarakatnya, yaitu baik hati, jujur, dan gagah berani. Purwokerto ini memiliki berbagai macam tempat wisata yang menarik, antara lain Baturraden, Curug Cipendok, Pemandian Kalibacin, Kendalisada, dan masih banyak yang lainnya. Selain itu, Purwokerto juga memiliki banyak sekolah dan Universitas. Purwokerto juga memiliki banyak sekali peninggalan - peninggalan yang bersejarah. Untuk makanan khasnya, Purwokerto memiliki mendhoan. Welcome to Kota Satria ....

Keadaan Geografis :
  • 109°dan 109°30’ Bujur Timur, 7°30’ Lintang Selatan
  • Batas Wilayah :
  • Sebelah Utara dengan Kabupaten Dati II Tegal dan Kabupaten Dati II Pemalang
  • Sebelah Selatan dengan Kabupaten Dati II Cilacap
  • Sebelah Barat dengan Kabupaten Dati II Cilacap dan Kabupaten Dati II Brebes
  • Sebelah Timur dengan Kabupaten Dati II Purbalingga dan Kabupaten Dati II Banjarnegara

Sarana Perhubungan

Di Purwokerto terdapat stasiun yang boleh dianggap penting, karena selalu disinggahi kereta api jurusan Jakarta, Yogyakarta, Solo, dan Surabaya.

Selain itu ada juga terminal bus yang tidak kalah pentingnya. Terminal ini berfungsi sebagai tempat pemberangkatan dari kota Purwokerto menuju kota - kota yang lain. Terminal ini juga berfungsi sebagai stasiun transit bus - bus yang akan berangkat dari terminal Purwokerto menuju ke Jakarta, Bandung, Tegal, Cilacap, Yogyakarta, Solo, dan Semarang. Selain bus - bus besar, banyak juga angkutan minibus dan jenis colt. Kendaraan ini digunakan untuk melayani perjalanan yang tidak terlalu jauh, seperti Banjarnegara, Purbalingga, Cilacap, Wangon, Majenang, Tegal, dan untuk angkutan dalam kota. Khusus angkutan Kota Purwokerto, tersedia 220 buah armada yang diusahakan oleh Koperasi Angkutan Kota.

Sarana Pendidikan

Di Purwokerto banyak terdapat sekolah, mulai dari taman kanak - kanak sampai dengan perguruan tinggi yang cukup memadai. Beberapa perguruan tinggi di Purwokerto antara lain adalah Universitas Jenderal Soedirman ( Unsoed ), Universitas Wijayakusuma ( Unwiku ), IKIP Muhammadiyah Purwokerto, Akademi Teknik Wiworotomo dan Bina Sarana Informatika Purwokerto.

Sarana Kesehatan

RSU Purwokerto merupakan rumah sakit terpenting, karena menampung pasien dari wilayah eks Karesidenan Banyumas, bahkan dari daerah sekitarnya seperti Kebumen, Tegal, Pekalongan, dan Ciamis. RSU Purwokerto ini tegolong tipe B dan merupakan rumah sakit Daerah Tingkat I terlengkap di Jawa Tengah ( di samping Surakarta ).

Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, pemerintah membangun gedung rumah sakit baru di Berkoh ( ujung Timur Kota Purwokerto ) yang kemudian diberi nama Rumah Sakit Prof. Margono Sukaryo ( mengambil nama seorang ahli bedah pertama Indonesia ). Rumah sakit ini juga dapat dijadikan tempat praktek mahasiswa Fakultas Kedokteran. Pembangunan Rumah Sakit ini dimulai sejak tahun 1982 dan berakhir pada tahun 1989.

Rumah Sakit Margono


Sarana Pariwisata

Hotel dan penginapan yang di daerah Kabupaten Banyumas jumlahnya cukup banyak, yaitu 115 hotel, yang tersebar di Baturraden dan Purwokerto. Banyumas dan Purwokerto telah memiliki hotel berbintang, sebagai contohnya adalah Dynasty Hotel ( di Purwokerto ).

Selain hotel, Purwokerto juga memiliki jumlah rumah makan dan restoran yang cukup banyak. Ada juga warung-warung yang menyediakan makanan khas Sokaraja ( Soto Sokaraja ).

Purwokerto juga memiliki pusat pertokoan atau perbelanjaan, yang terletak di Kebondalem dan hampir sepanjang jalan raya Jenderal Sudirman. Pertokoan yang ada antara lain Moro Mall, Super Ekonomi, Rita, Metro Jaya, Sri Ratu, dan masih banyak supermarket atau toko kecil yang lainnya.

Obyek Wisata

Di Purwokerto dan di daerah sekitarnya banyak terdapat obyek wisata alam. Obyek wisata alam yang terkenal di Purwokerto adalah Baturraden. Obyek wisata yang lainnya adalah Curug Cipendok, Gua Darma Kradenan, Pemandian Kalibacin, Bumi Perkemahan Kendalisada, Monumen Sepuluh, Monumen Gatot Subroto, Monumen Sepoer, Museum Wayang Sendhang Mas, dan Pasarehan Dawuhan.

Makanan Khas

Makanan khas kota Purwokerto adalah kripik dan mendhoan. Karena makanan khas inilah, maka Purwokerto dijuluki sebagai Kota Kripik. Selain itu daerah Sokaraja juga terkenal dengan gethuk gorengnya, sehingga disebut Gethuk Goreng Sokaraja. Kota Banyumas juga memiliki makanan khas antara lain nopia, buntil, sroto, Gembus, dan Ciwel.

Apabila orang dari luar kota Purwokerto datang ke Purwokerto, mereka pasti tidak akan lupa membeli mendhoan dan kripik tempe ini. Bahkan ada juga orang dari luar kota yang sengaja datang ke Purwokerto hanya untuk membeli mendhoan. Oleh karena itu mendhoan di Purwokerto sudah sangat terkenal.

Begitu juga dengan Sroto Sokaraja. Orang juga mengakui jika sroto Sokaraja ini memang enak, maka tak heran jika di sepanjang jalan Sokaraja banyak orang yang berjualan sroto Sokaraja.


No comments:

Post a Comment