Friday, October 25, 2013

Browse » home» » » » » » » » » » Kebiasaan Merawat Kecantikan Yang Bisa Berakibat Buruk Bagi Kesehatan

Kebiasaan Merawat Kecantikan Yang Bisa Berakibat Buruk Bagi Kesehatan

Kebiasaan Merawat Kecantikan
Kebiasaan Merawat Kecantikan - Sering kali mungkin kita asyik melakukan kegiatan-kegiatan yang mungkin sudah menjadi kebiasaan kita dan kita dilupakan bahwa kebiasaan itu bisa membuat kita tampil cantik tapi ujung-ujungnya bisa membahayakan kesehatan kita. Tentu tidak mau kan? Ingin tampil cantik malah akhirnya jadi sakit.

Apa saja sih yang menjadi kebiasaan dalam merawat kecantikan itu dan berimbas pada kesehatan? 

Berikut kebiasaan merawat kecantikan yang berakibat buruk bagi kesehatan.
  1. Jarang membersihkan atau mencuci alat make up
    Sering kita melihat iklan-iklan di TV bahwa hampir di setiap tempat itu banyak sekali bakteri dan kuman bersarang dan tidak terkecuali tas dan alat-alat kosmetik di dalamnya. Jika kita jarang membersihkan dan mencuci tempat dan alat-alat kosmetik tentu itu juga akan menjadi tempat favorit bagi kuman bersarang.

    Tempat yang dicuci,  dibersihkan dan tampak mata sudah bersih saja terkadang masih ada kuman yang tertinggal apalagi jika tidak dibersihkan, apa jadinya? 

    Lalu apa dampak bagi kesehatan? Biasanya akan terjadi alergi dan infeksi pada kulit. Langkah yang bisa dilakukan untuk membersihkan alat-alat kosmetik bisa memakai sedikit sabun, shampoo bayi, atau air hangat. Karena membersihkan alat kosmetik sama pentingnya dengan membersihkan wajah.
  2. Meminjam lipstik dan alat kosmetik lainnya
    Ketika Anda pergi ke kantor dan ternyata lupa membawa perlengkapan make up padahal selesai pulang kantor ada acara! Mau pulang jauh, malas, belum kejebak macet. Pasti BT bener kan? Kemudian langkah yang Anda tempuh adalah meminjam make up teman. 

    Memang sih kelihatannya sangat praktis, namun kebiasaan itu kurang bagus. Kita tidak bisa melihat secara kasat mata dimana kuman itu berada, bisa di bibir, mulut, bahkan ditenggorokan itu juga ada kuman nya. 

    Jadi dengan hal tersebut bisa saja kuman yang ada di tempat-tempat tersebut berpindah ke lipstik dan ketika dipakai oleh Anda bisa menempel pada Anda. Akibatnya, jika antibodi kita dalam keadaan kurang bagus bisa menyebabkan sakit seperti demam, flu dan lain-lain.
  3. Kosmetik kadaluarsa
    Kosmetik ternyata juga memiliki masa kadaluarsa misalnya seperti lipstik, concealer, dan bedak yang terkadang hanya mampu bertahan beberapa tahun saja. Pemakaian kosmetik yang telah memasuki masa kadaluarsa bisa menyebabkan infeksi pada kulit. Maka cek terlebih dahulu atau ingat-ingat kembali sudah berapa tahun usia kosmetik yang telah Anda pakai.
  4. Memakai eyeliner dalam garis mata
    Suatu peringatan dari para dokter mengenai masalah pemakaian eyeliner bahwa memakai eyeliner sangat tidak dianjurkan pada garis mata bagian dalam. Karena hal tersebut akan menyebabkan tersumbatnya pori-pori minyak sehingga menjadikan mata susah memproduksi air mata. Jika sampai pori-pori tersebut tertutup Anda bisa mengalami sindrom mata kering yang bisa berakibat terjadinya peradangan dan buta.
  5. Berhati-hati ketika  melakukan SPA
    Jika Anda sedang pergi ke SPA untuk melakukan SPA kaki misalnya, maka Anda harus benar-benar memastikan bahwa wadah atau tempat untuk pembersih diganti atau dicuci dengan memakai pembersih yang bisa membunuh kuman dan bakteri. Karena jika wadah tersebut dipakai setelah dipakai orang lain tanpa dibersihkan terlebih dahulu akan bisa menyebabkan munculnya beberapa penyakit seperti kutil serta terinfeksi  jamur dan bakteri.
  6. SPA ikan
    Melakukan SPA ikan sekarang ini memang sepertinya lagi menjadi tren, akan tetapi sebelum Anda melakukannya cek terlebih dahulu apakah ada luka pada kaki atau Anda baru selesai melakukan waxing. Karena jika kaki mengalami luka lalu mengikuti SPA ikan ditakutkan malah akan menjadikan luka tersebut menjadi susah sembuh. Kemudian pastikan juga untuk mengecek bersih tidaknya tempat SPA agar tidak terkena penyakit.
  7. Tidak memperhatikan kenyamanan saat keramas di salon
    Jika Anda mengalami rasa tidak nyaman ketika keramas di salon bisa meminta kepada tukang salon agar memberikan posisi yang nyaman kepada Anda. Sebab sering ada kasus orang terkena stroke karena posisi nya tidak nyaman tetapi “menyaman-nyamankan” untuk dikeramas. Hal ini disebabkan karena posisi orang yang dikeramas arteri lehernya tertahan sehingga menjadikan aliran darah ke otak terhambat. 
  8. Terlalu baik ketika dipijat
    Jika Anda melakukan pijat dan merasakan ketidaknyamanan atau merasa sangat keras pijatannya maka jangan diam saja. Karena pijatan yang keras bisa mengakibatkan cedera seperti otot menjadi kaku dan putusnya tendon. Anda harus dituntut hati-hati dalam memilih tukang pijat, carilah tukang pijat yang telah memiliki reputasi yang diakui dan aman.

Demikian artikel tentang kebiasaan merawat kecantikan yang bisa barakibat buruk bagi kesehatan.

No comments:

Post a Comment